top of page

10 Terminal Pelabuhan Sudah Pakai Inaportnet 2.0


JAKARTA - Era digital menuntut industri pelabuhan bergerak cepat. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun 29 Juni lalu, menginstruksikan penggunaan aplikasi Inaportnet 2.0 dan layanan Delivery Order (DO) online yang diterapkan di lima pelabuhan: Belawan, Tanjung Priok, Tanjung Perak, Makassar dan Tanjung Emas.

Membuat kerja semakin efektif dan efisien, kini 10 terminal internasional menyiapkan fasilitas DO online. Dengan DO online, baik shipping line maupun pemilik barang dapat memanfaatkan sistem DO Online yang dimiliki oleh terminal tersebut.

"Terhitung sejak diluncurkan Juni 2018 lalu, saat ini ada 10 terminal yang telah menggunakan DO online. Sudah ada 43.662 DO container rilis yang sudah diproses dan dilaporkan dari terminal ke Inaportnet," terang Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Chandra Irawan di Jakarta, Sabtu (14/7/2018).

DO online pada Inaportnet 2.0 merupakan aplikasi dari pemerintah untuk memonitor setiap DO online yang telah diterbitkan dan pergerakan barang di setiap pelabuhan yang sudah masuk dalam sistem.

"Aplikasi DO online dapat digunakan baik untuk ekspor maupun impor. Untuk itu, pemerintah mengharapkan agar peran serta stakeholder dan asosiasi untuk ikut mendorong anggotanya agar memanfaatkan dan mengimplementasikan DO online ini," kata Chandra.

Chandra mencontohkan seperti yang telah dijalankan di Pelabuhan Tanjung Priok terkait DO online telah dimanfaatkan untuk melayani ekspor-impor. Ada di lima terminal yaitu JICT, TPK Koja, NPCT1, PT MAL dan TO3, dimana sistemnya sudah terkoneksi dengan shipping line atau perusahaan pelayaran dan cargo owner atau pemilik barang yang menjadi costumernya.

Dari data yang diterima, dari lima terminal di pelabuhan Tanjung Priok yang sudah melakukan pelayanan dengan DO online. Dan sejak 24 Juni 2018 sampai 3 Juli 2018 tercatat ada 23.767 DO kontainer rilis yang sudah diproses dan sudah dilaporkan datanya dari terminal ke Inaportnet.

"Sejauh ini, pelaksanaan DO online berjalan cukup baik karena sudah terkoneksi dan terintegrasi dengan baik ke sistem terminal operator maupun ke inaportnet," pungkas Chandra.

Sumber:

https://ekbis.sindonews.com/read/1321798/34/10-terminal-pelabuhan-sudah-pakai-inaportnet-20-1531572705


bottom of page