top of page

Menaker Bagikan Sertifikat Kompetensi Bagi Sopir Truk

JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri mendorong Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) untuk memperbanyak jumlah pengemudi atau sopir truk yang memiliki sertifikasi kompetensi.

Sertifikasi sopir truk diharapkan dapat mencegah dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, serta meningkatkan penghasilan sopir truk yang berujung juga pada keuntungan perusahaan.

“Kami ingin memastikan agar sopir-sopir truk memiliki perlindungan dari sisi kompetensi yang dimiliki. Dengan adanya sertifikasi, maka sopir truk akan mendapatkan upah lebih tinggi daripada yang belum tersertifikasi,” kata Hanif usai menyerahkan sertifikasi kompetensi kepada 45 sopir truk di Jakarta, Kamis (14/2) kemarin.

Acara penyerahan sertifikasi ini diadakan dalam acara Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (APTRINDO) yang mengambil tema “ Arah Kebijakan Pemerintah dalam Peningkatan Kapasitas dan peningkatan SDM Pengemudi yang Andal."

Hadir acara ini Kepala Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Kemnaker Kunjung Masehat, Direktur Pengupahan Kemnaker Adriani dan Ketua Umum APTRINDO Gemilang Tarigan.

Menurut Hanif, sertifikasi sopir truk juga dibutuhkan untuk meningkatkan pengetahuan di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Dengan begitu mereka bisa bekerja secara aman dan bertanggung jawab.

“Sopir yang tersertifikasi akan memahami dengan baik bidang K3. Banyak kasus dimana truk dikendarai oleh kernet. Hal semacam ini tidak akan dilakukan sopir yang tersertifikasi karena dia paham risikonya," ungkap Hanif.

Kepala Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Kunjung Masehat, menambahkan, di negara-negara lain sopir telah memiliki sertifikat profesi. Hal ini bukan hanya terkait skill saja, melainkan soal safety.

sumber:

https://www.jpnn.com/news/menaker-bagikan-sertifikat-kompetensi-bagi-sopir-truk


bottom of page